Senin, 01 September 2008

sejarah singkat perkembangan internet

. Senin, 01 September 2008

Internet adalah suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahan Amerika Serikat yang bermarkas di Pentagon pada awal 60-an. Mereka membuat proyek yang bernama ARPA (Advanced Research Project Agency) yang diberi nama ARPANET untuk mendemonstrasikan bagaimana hardware dan software saling berkomunikasi jarak jauh melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET dibentuk secara khusus oleh Stanford Research University, University of California di St. Barbara, University of California di Los Angeles, dan University of Utah. Mereka membentuk suatu jaringan terpadu pada tahun 1969 dan secara umum ARPANET dikenalkan pada bulan Oktober 1972.

Pada 1990, Pemerintah Amerika Serikat memberi izin kepada pihak" swasta dan bisnis untuk menggunakannya.

Internet "ditemukan" secara bertahap, melalui inovasi demi inovasi, yang sebenarnya berawal dari teknologi yang dikembangkan untuk kepentingan militer AS pasca-PD II. Tetapi teknologi itu terus berkembang dengan pesat sehingga akhirnya memasuki dunia akademik dan dunia publik setelah beberapa puluh tahun. Internet baru dikenal oleh publik dalam bentuknya yang sekarang pada akhir dasawarsa 1990-an. Pertumbuhan Internet secara pesat juga baru terjadi menjelang tahun 2000.






0 komentar:

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com